Rutan Jambe Tingkatkan Fasilitas Pelayanan Kemanusiaan

  • Bagikan

DimensiNews.co.id KABUPATEN TANGGERANG – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Banten meminta semua Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Tangerang menerapkan peningkatan Pelayanan Pemasyarakatan Berbasis Hak Asasi Manusia.

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Banten Sutrisman mengatakan, pihaknya meminta semua Kepala Rutan dan Kepala Lapas di Banten menerapkan program pelayanan kemanusiaan. Pelayanan itu dalam rangka memberikan kenyamanan ke masyarakat. ”Kami harapkan semua kepala menjalankan program prioritas kemanusiaan ini,” ujar Sutrisman usai mengunjungi Rutan Klas 1 Tangerang, Senin (12/11).

Dikatakanya, dalam pertemuan terbatas ini para rombongan meninjau ruangan pelayanan pemasyarakatan berbasis Hak Asasi Manusia. Mereka melihat fasilitas seperti ruang khusus tunggu disabilitas, Jalur Khusus disabilitas, dan Kamar hunian khusus bagi WBP Lanjut usia serta WBP yg mempunyai penyakit khusus.”Saya melihat disini sudah ada empat failitas ruangan untuk masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA :   Rumah Mewah di Karawaci Jadi Pabrik Narkoba di Grebek Polisi 

Semua fasilitas ini kata dia, untuk mempermudah masyarakat yang anggota keluarganya yang di tahan di Rutan Klas 1 Tangerang. Jadi tidak ada lagi masyarakat bicara dipersulit oleh petugas. ”Kami terapkan pelayanan kemanusiaan ini untuk memudahkan masyarakat,” katanya.

Sutrisman bergegas langsung menuju semua ruang tahanan narapidana. Sesampainya disana ia melihat kebersihan dan kesehatan para narapidana. ”Sudah kami cek cukup lumayan bersih ruangannya. Tetapi kami akan tetap pantau terus,” katanya.

Terpisah, Kepala Rumah Tahanan Kelas I Tangerang Dedy Cahyadi menuturkan, pihaknya akan terus berinovasi memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat. Karena semua anggota keluarga yang ditahan disini diharapkan manerima pelayanan ini. ”Kami akan terus perintahkan petugas agar masyakat di prioritaskan,” terangnya.

BACA JUGA :   740 Warga Kota Batu Di Vaksin di Hari Bhakti Adhyaksa ke 61 Tahun

Untuk kesiapanya kata dia, pihaknya sudah menyiapkan kelengkapan sarana pelayanan kunjungan untuk kelompok rentan dan berkebutuhan khusus seperti penyandang disabilitas , lansia ,ibu hamil , loket khusus , toilet khusus, Baby zone , layanan publik , free drinking water , free wife dan informasi layanan dalam bentuk audio visual. ”Mudah-mudahan fasilitas yang kami berikan bermanfaat buat mereka,” Pungkasnya.

 

 

 

 

Laporan Wartawan : Dul

Editor.                        : Red DN

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights