DimensiNews.co.id, Jakarta — Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta mengadakan konferensi pers bertajuk Coffee Morning, Selasa (19/11/2019).
Acara diselenggarakan dalam rangka penyampaian capaian kinerja selama tahun 2019 dan dihadiri oleh undangan yang berasal dari beberapa media massa nasional.
Dalam kesempatan tersebut juga untuk memperkenalkan Kepala Kantor baru, Saffar Muhammad Godam, yang resmi bertugas awal November 2019 ini, serta sekaligus memaparkan pencapaian kinerja Kanim Soetta.
Selain itu, Saffar Muhammad Godam juga menjelaskan program kerja yang telah disiapkan dalam menjalani tugasnya sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta.
“Program peningkatan pelayanan baik di tempat pembuatan paspor maupun di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta menjadi fokus program kedepan,” kata Kanim.
Saffar menambahkan, tugas ini didukung dengan persiapan penyerapan anggaran di tahun depan dalam mempersiapkan fasilitas fisik pelayanan. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan pengelolaan autogate di TPI, tentunya dengan dukungan dari PT. Angkasa Pura II sebagai pihak pengelola Bandara Soekarno-Hatta.
“Hal ini menjadi prioritas dengan memperhatikan aspek efisiensi waktu dan mengurangi interaksi serta akses antara manusia dengan manusia, namun tidak mengurangi kualitas dari sisi keamanan,” tambahnya.
Kanim menegaskan pula akan meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum terhadap orang Warga Negara Asing (WNA) yang berada di wilayah kerja Kanim Soetta dengan mengadakan berbagai operasi. Operasi yang dilakukan akan menggandeng berbagai pihak yang tergabung dalam Timpora.
“Maraknya kasus pengantin pesanan yang terjadi belakangan ini merupakan modus kejahatan internasional yang terorganisir. Untuk itu kita akan meningkatkan pengawasan TPI Bandara Soekarno-Hatta dalam melakukan pemeriksaan dan pencegahan terhadap kasus tersebut,” terang Saffar ketika menjawab pertanyaan wartawan. (rn)